Semua Tentang Nilai-Nilai Dasar Perjuangan

NDP merupakan dokumen organisasi dimana ketika sebuah dokumen disahkan untuk menjadi rujukan organisasi, maka dengan sendirinya bias personal sang perumus harus dihilangkan. Artinya, setelah disahkan di Kongres, maka sudah tidak relevan lagi membahas personalitas tim 8 atau Arianto atau siapa pun untuk menilai NDP. Sebuah teks hendaknya dinilai dari teks tersebut, bukan dari siapa yang merumuskannya. Dalam adagium populer : Ambillah hikmah walau dari mulut anjing sekalipun. Kalau lalu NDP yang dihasilkan ‘tidak lebih baik’ dibanding yang sebelumnya, maka ubahlah, bongkar lagi, ambil langkah maju, bukan lalu mundur jauh kembali ke belakang. Setiap rekonstruksi adalah ijtihad yang sah bagi kader HMI karena -lagi- NDP bukan kitab suci yang tak tersentuh, bukan hasil sabda Nabi Cak Nur di atas gunung, sedangkan kita umatnya melihat dari bawah lembah. NDP adalah hasil ijtihad para pendahulu HMI di usia muda mereka yang ekstremnya, belum tentu benar.

Gerakan rekonstruksi NDP dapat dilakukan dengan gerakan kultural dan struktural. Pada satu sisi kita mengikuti ketentuan dan hierarki organisasi dengan keputusan akhir tetap di Kongres. Di sisi lain penguatan basis (komisariat/ korkom/cabang) tetap dilakukan. Tanpa basa-basi birokrasi, internalisasi NDP dapat dilakukan sedini mungkin.

Kader-kader HMI seharusnya tidak pernah puas terhadap apapun miliknya, selama mereka menyadari bahwa tak ada yang sempurna dan selesai dalam proses pendekatan kebenaran, sehingga kepuasan dengan sendirinya berarti kejumudan, kehilangan jiwa ‘Islam’ itu sendiri.

Dalam konteks inilah, buku kecil ini mencoba untuk membuka ‘dialog terbuka’ antara tiga NDP : NDP Cak Nur, NDP Arianto Achmad, dan NDP Andito, tak lain demi memudahkan kader-kader HMI untuk tidak terjebak dalam aspek ‘emotive’ dalam menilai NDP yang ada dan untuk kemudian secara jujur mengakui keunggulan dan kelemahan di dalamnya berdasar akal sehat, bukan sebaliknya. Semoga.

download disini

About Ahmad Dahlan II UMS

Ahmad Dahlan II UMS
Recommended Posts × +

1 comments:

  1. casino - DrMCD
    Welcome to Dr. MCD, 서귀포 출장샵 the home 김제 출장마사지 of 제천 출장마사지 quality music and dance. and over 90's dance, and a wide range of styles of music. We are here to bring you 익산 출장마사지 something 속초 출장샵

    ReplyDelete