PANDANGAN UMUM KETUA UMUM KOMISARIAT AHMAD DAHLAN II UMS

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr,wb

Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang dimana pada malam hari ini kita dapat merasakan rahmat, taufik serta hidayahnya. Tak lupa sholawat serta salam tetap tercurahkan pada junjungan kita, sang sauri tauladan bagi seluruh umat manusia, sang pencerah dan tercerahkan kepada baginda rosulullah yaitu nabi Muhammad SAW dimana akan kita nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah nanti.

Alhamdullilah, agenda pleno II komisariat Ahmad Dahlan II UMS berjalan lancar meskipun sempat terhambat karena beberapa hal, dan semua bidang sudah dievaluasi atas kinerja di masa pleno II. Agar transformasi nilai-nilai organisatoris berjalan dengan tepat maka dipandang perlu ketua umum memberikan pandangan umum untuk tiap-tiap bidang,

1. Bidang Kesekretariatan
Bidang kesekrretariatan adalah bidang yang bertanggungjawab atas penciptaan kondisi organisasi yang dinamis yang menunjang pelaksanaan program kerja kepengurusan melalui pengadaan informasi, penataan arsip-arsip orgaissasi secara teratur. Selama perjalanan masa pleno 2 masih banyak sekali pekerjaan yang belum terselesaikan. Diantaranya pertama, menjadikan komisariat menjadi kondusif untuk suasana belajar dalam kondisi yang nyaman, rapi, dan bersih untuk setiap hari bukan hanya sehari dua hari saja. Kedua, membuat metode yang kreatif dalam transformasi informasi-informasi yang masuk dan keluar komisariat. Ketiga, penertiban inventaris yang ada dikomisariat, seperti penataan dan pengelolaan perpustakaan yang masih jauh dari ketertiban padahal hal ini hampir disinggung pada setiap rapat harian, harapannya kedepan hal ini bisa ditertibkan sebelum RAK nanti. Kemudian perawatan berkas-berkas kepengurusan terdahulu sebisa mungkin semuanya itu di-scan dan disimpan dalam bentuk file agar lebih efisien dan efektif. Keempat, pengarsipan surat keluar dan masuk secara jelas, sistematis, dan rapi. Kelima, mengadakan kajian dan diskusi pemahaman mengenai mekanisme-mekanisme yang ada di HMI.

2. Bidang Kebendaharaan
Bidang Kebendaharaan adalah bidang yang bertanggungjawab atas perancangan anggaran pemasukan dan pengeluaran keuangan komisariat yang sistematis, teratur, tertib, dan transparan. Bekerjasama dengan bidang kesekretariatan dalam pengadaan inventaris dan logistik. Problematika-problematika yang terjadi dibidang kebendaharaan pada masa pleno 2 ini tidak jauh bedanya dengan pada masa pleno 1, walaupun secara fungsionaris berbeda orang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh bidang kebendaharaan pertama, menambah inventaris yang sangat pokok seperti printer, bendera, muds dan Gordon, LCD/proyektor, dan megaphone. Kedua, penegasan dalam penarikan iuran-iuran yang ada dikomisariat (iuran wajib, iuran pangkal, denda, maupun iuran dalam kegiatan-kegiatan incidental). Ketiga, menjalin komunikasi dan silaturahmi ke alumni yang lebih intens lagi guna menindak lanjuti dari program donatur alumni yang masih belum terlaksana. Keempat, meningkatkan tata kelola mengenai kantin komisariat “JUJUR” yang selama ini masih jauh dari pengontrolan dari bidang kebendaharaan sendiri. Kelima, menggali dan menyalurkan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki anggota untuk menghidupkan kembali BUMK (Badan Usaha Milik Komisariat) guna menambah kas komisariat.

3. Bidang Penelitian, Pengembangan Anggota dan Pembinaan Anggota 
Bidang PPPA adalah bidang yang bertanggungjawab atas proses kaderisasi yang ada di HMI, terkhususnya komisariat. Apresiasi terhadap keistiqomahan dan keuletan yang dilakukan dari bidang PPPA guna menjalankan program yang ada untuk mendapatkan target yang diinginkan. Namun masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi oleh bidang PPPA, pertama, membuat konsep recruitmen yang inovatif, tidak terpaku pada konsep sebelumnya. Kedua, membuat konsep follow up yang jelas terhadap kader/ anggota yang mengikuti jenjang training yang lebih lanjut (LK 2, LK 3, SC, maupun training-training khusus lainnya) yang selama ini belum berjalan. Ketiga, selalu memberikan motivasi kepada kader/ anggota agar mau dan terpanggil untuk mengikuti jenjang training yang ada di HMI terkhususnya terhadap kepengurusan. Keempat, membuat kajian dan diskusi yang sistematis dan terarah karena selama ini kajian dan diskusi yang dilakukan belum mengena terhadap kader. Kelima, penyikapan secara tanggap terhadap program mentoring dan monitoring kader, khususnya terhadap kader yang selama ini jarang mengikuti agenda-agenda komisariat yang ada. Keenam, melakukan penertiban daftar anggota yang selama ini masih berantakan (sesuai dengan hasil-hasil kongres ke-28 yang ada pada halaman 322).

4. Bidang perguruan tinggi & kemahasiswaan
Bidang PTK adalah bidang yang bertanggung jawab atas peningkatan dinamika kehidupan perguruan tinggi, kemahasiswaan serta partisipasi aktif organisasi dalam dunia pergerakan. Banyaknya fungsionaris di bidang PTK yang masuk dalam seleksi alam (tidak bisa memegang amanah dan mengundurkan diri dari kepengurusan) berdampak besar bagi kinerja bidang sehingga masih banyak program yang tidak berjalan secara maksimal. Dan evaluasi amat sangat perlu untuk dilakukan guna membangun komisariat lebih baik lagi, adapun hal-hal tersebut adalah Pertama, peningkatan komunikasi antara fungsionaris dibidang yang selama ini masih kurang berjalan dengan baik. Kedua, membuat konsep dan melakukan controlling yang jelas kepada kader/ anggota yang masuk dalam organisasi internal kampus. Ketiga, penyikapan untuk menindak lanjuti atas program baksos (TPAà mengumpulkan ulang para pengajar untuk menyusun kurikulum yang jelas dan nantinya ditawarkan kepada takmir masjid at-tawwabin. Kegiatan Sosial Incidental à cepat tanggap terhadap penggalangan bantuan untuk korban bencana. Membantu masyarakat sekitar komisariat secara tenaga, moral, dll). Keempat, melakukan pemantaban konsep yang sistematis dan terarah mengenai program kajian mission.

Demikian pandangan umum dari ketua umum dipandang perlu untuk dicatat dan digaris bawahi oleh setiap bidang yang nantinya segera ditindak lanjuti dengan sebagaimana mestinya. 

Billahitaufik walhidayah
Wassalamu’alaikum wr, wb

About Ahmad Dahlan II UMS

Ahmad Dahlan II UMS
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment